Pementasan Burok Dalam Acara Khitanan


Seni burok biasanya di adakan pada saat acara khitanan. Anak yang di khitan akan menunggangi punggung burok, kemudian di arak keliling kampung sesuai arahan yang mempunyai acara. Iringin musik dangdut akan memeriahkan acara tersebuat. Ada dua orang pemanggul burok, satu buroknya muat memanggul hanya 1 sampai 2 orang anak kecil saja.
Acarannya biasa di lakukan dari mulai pagi sampai siang, atau siang hingga sore hari. Dalam pementasan kesenian burok ini terdapaat singa depok, buta butaan, yang mengiringi acara tersebut.
Acara pertama berupa pementasan penyambutan, kemudian di lanjut dengan acara kedua yaitu acara keliling kampung, kemudian acara pertunjukan. Biasanya acara pertunjukan adalah acara pementasan seni baik berupa pementasan seni : Burok, singa depok atau bisa di sebut juga sesingaan, kemudian berjoget melakukan atraksi. Pada saat acra Pementasan tersebut banyak di minati baik itu kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan lanjut usia pun ikut melihat pertunjukan tersebut.

Komentar